LOMBA
KOMPETENSI SISWA SMK
TINGKAT
NASIONAL XXIII
2015
BIDANG
LOMBA:
ANIMASI
DIREKTORAT
PEMBINAAN SMK
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Denah
Ruang Kelas/ Lomba Animasi
DESKRIPSI
LUAS RUANG LOMBA ANIMASI
P :
15 meter
L :
7 meter
PENTING:
- Letak Monitor komputer harus seperti pada gambar (denah) di atas, agar posisi lightbox
tidak berhadapan karena ada indikasi duplikasi antar peserta yang berhadapan.
- Lokasi Lomba di dalam gedung yang tertutup dengan pendingin udara.
LOMBA
KOMPETENSI SISWA SMK
TINGKAT
NASIONAL XXIII
2015
INFORMASI
LOMBA
BIDANG
LOMBA:
ANIMASI
DIREKTORAT
PEMBINAAN SMK
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
I.
PENDAHULUAN
Era
globalisasi memberi dampak ganda yaitu disamping membuka kesempatan kerjasama
yang
seluas-luasnya
antar Negara, juga membuka persaingan yang semakin ketat dan tajam di segala
bidang
pekerjaan.
Untuk
menghadapi tantangan tersebut, maka Pemerintah Indonesia harus memperkuat daya
saing
dan
keunggulan kompetitif di semua sektor dengan mengandalkan pada kualitas dan
kemampuan
sumber
daya manusia dengan penguasaan teknologi dan manajemen. Untuk itu Pemerintah
selalu
berusaha
menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing.
Penyelenggaran
Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional ke-XXIII di Serpong bagi siswa
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia adalah sebagai wujud nyata salah satu
upaya
dalam
pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh Pemerintah Melalui
Direktorat
Pembinaan
SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.
II.
TUJUAN
- Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM yang
mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang
keahlian Animasi.
- Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh Indonesia sesuai
dengan Standar
Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Animasi.
- Mempromosikan keterampilan siswa SMK bidang keahlian Animasi kepada dunia
Industri sebagai
calon pengguna tenaga kerja.
- Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetensi secara
positif, untuk menumbuhkan
kebanggan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggaan bagi sekolah
dan daerah/provinsinya.
III.
PESERTA
Peserta
adalah siswa SMK dengan kriteria sebagai berikut:
- Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Tercatat Siswa tingkat II/III SMK Negeri atau Swasta program keahlian Animasi
di Indonesi dalam
tahun 2015.
- Dinyatakan sebagai Pemenang LKS Tingkat Propinsi Program Keahlian Animasi dalam
tahun 2015 atau
yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional di Propinsi sebagai peserta
LKS tingkat
Nasional XXIII Tahun 2015 mewakili Propinsi yang bersangkutan.
- Setiap Propinsi hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.
IV.
MATERI LOMBA
A.
Lingkup Lomba
Jenis
Kegiatan yang dilombaan adalah :
1. Tes
Animasi dan Komputer (20 Jam)
Meliputi
tes keterampilan animasi dan komputer untuk menghasilkan animasi secara
maksimal.
B.
Skor dan Bobot Penilaian
Skor
maksimal dan bobot :
1.
Tes Praktik Produksi (Skor maksimal 80 ) ……… N2
2.
Tes Praktik Komputer (Skor maksimal 20) ……… N3
Nilai
Akhir = ∑(Nilai Tes N2…N3)
C.
Aspek-Aspek Penilaian
Aspek
yang dinilai untuk Tes Praktik Animasi dan Komputer adalah:
No.
ASPEK YANG DINILAI SKOR
- Produksi
Animasi
- Kemiripan
Karakter
- Timing
- Follow
through & Overlapping Action
- Secondary
action
- Stretch
& Squash
- Anticipation
- Arcs
- Slow
in & Slow out
- Figure
expression
- Coloring
- Output
Hasil Akhir Animasi
- Kesesuaian
dengan soal
- Kualitas
resolusi gambar
- Render
Output dalam DVD
V.
TIM PENGUJI
Jumlah
Juri sebanyak 3 Orang
VI.
KRITERIA PEMENANG LOMBA
Juara
Lomba adalah peserta yang memilik nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai
peserta lomba.
Apabila
ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka pertama akan
diperhitungkan
kecepatan
menyelesaikan tugas-tugas. Seandainya setelah diperhitungkan kecepatannya
ternyata
nilai masih sama, maka akan diadakan tes wawancara oleh setiap Juri.
Para
Juara ditentukan langsung oleh Juri, meliputi: Juara I, II dan III.
Selain
para Juara seluruh peserta mendapatkan penghargaan dari panitia penyelenggara.
VII.
PANITIA LOMBA
Panitia
Lomba adalah :
1.
Penanggung Jawab Bidang Lomba (Pusat)
2.
Penanggung Jawab Bidang Lomba (Daerah)
VIII.
TEMPAT LOMBA
Tempat
Lomba : Serpong, Banten.
IX.
TATA TERTIB LOMBA
Pembimbing
diharapkan :
a.
Mendampingi peserta pada saat ‘Technical meeting’
b.
Mengisi daftar hadir yang disediakan panitia
c.
Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba.
d.
Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan.
e.
Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung
Peserta
diharapkan :
- Hanya satu orang yang menjadi peserta mewakili Propinsi dengan Surat
Penunjukkan dari Dinas
Pendidikan Propinsi. Tidak dibenarkan peserta diganti di saat tengah lomba berlangsung.
- Peserta harus hadir pada saat ‘technical meeting’.
- Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum test dimulai.
- Wajib mengisi daftar hadir pada saat setiap jenis lomba yang diadakan.
- Berpakaian rapi, diharapkan memakai identitas nomor peserta dari panitia.
- Tidak diperbolehkan membawa buku catatan, Handphone & hardisk/ flasdisk di
ruang ujian.
- Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman
ke
- dalam
ruang ujian.
- Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta : Perlengkapan menggambar, Penggaris, Pen TabletCD file suara (sound effect)
- Mematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia atau Juri, apabila
melanggar maka akan
dikenakan sanksi.
X.
PENDAFTARAN
Pendaftaran
melalui:
Sekretariat di Subdit Kegiatan Kesiswaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah
Kejuruan
dengan alamat: Kompleks Depdiknas, Gedung E, Lantai 12, Jalan Jenderal
Sudirman,
Jakarta Pusat, Telp. 021-5725469
XI.
PENUTUP
Hal-hal
yang belum tercantum dalam lembar informasi ini akan diinformasikan pada waktu
rapat
teknis
(technical meeting).
LOMBA
KOMPETENSI SISWA SMK
TINGKAT
NASIONAL XXIII
2015
KISI-KISI
SOAL
BIDANG
LOMBA:
ANIMASI
DIREKTORAT
PEMBINAAN SMK
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DESKRIPSI
SINGKAT
Kompetensi
: Animasi 2D
Jenis
Produk : Film animasi
Material
: Pensil, kertas animasi, penghapus, penggaris, peraut.
Teknik
: Menggambar, menscan, mengedit, memberi suara,
menyusun
dan penyelesaian akhir dalam bentuk format
DVD
Video.
Deskripsi
: Menggambar di atas kertas animasi.
Melakukan scan hasil gambar animasi.
Mengedit hasil scan, mewarnai, memasukkan suara dan
menyusun
hingga membentuk film animasi dengan
menggunakan
perangkat lunak yang disediakan.
Melaksanakan penyelesaian akhir film animasi,
termasuk
didalamnya memasukkan efek suara,
sehingga
dapat dilihat hasil animasinya di dalam
bentuk
format DVD Video dengan menggunakan
komputer
dan DVD player secara audio visual
Waktu
: Maksimal 20 jam
DESKRIPSI
TEKNIS
1.
Nama dan deskripsi produk
Nama
produk adalah Film Animasi Pendek
Film
animasi Pendek merupakan produk animasi dengan durasi singkat yang sudah
ditentukan
dimana dalam pelaksanaannya diperlukan teknik menggambar atau
membuat
animasi, menciptakan setting atau latar belakang, melengkapi dengan
ilustrasi
musik, penguasaan operasional perangkat lunak dan keras, pemahaman
terhadap
prinsip-prinsip animasi dan pemahaman mengenai anatomi manusia dan
ekspresi
manusia.
2.
Ruang lingkup tugas pada LKS
- Desain karakter dan storyboard menjadi acuan peserta, peserta wajib mempelajari desain
karakter, desain latar dan storyboard yang sudah disediakan.
- Tidak diperkenankan menambah Shot diluar storyboard.
- Tugas ini meliputi pembuatan gerakan animasi manusia disertai latar belakang
dan suara
dengan durasi 27 detik ditambah 10 detik untuk credit title, total 37 detik.
- Tugas ini harus diselesaikan dalam waktu maksimal 20 jam.
- Penjelasan teknis dan pengecekan seluruh perangkat lomba dilakukan 1 jam sebelum
pelaksanaan lomba.
- Peserta mempelajari referensi gerak untuk kebutuhan animasi pada link berikut;
- Sandrina
penari kreasi dari IMB - Indonesia Mencari Bakat versi Trans TV.
- https://www.youtube.com/watch?v=C5L6ccUSFlY
- Resolusi video HDV 1280 x 720, 25 fps.
3.
Praktek Kerja
a.
Peserta harus dapat melakukan pekerjaan secara mandiri.
b.
Kesesuaian teknis meliputi:
1)
Penggunaan perangkat lunak/keras.
2)
Menggambar dan memahami karakter.
3)
Pemahaman prinsip animasi.
4)
Pemahaman anatomi manusia.
5)
Pemahaman gerak.
6)
Pemberian unsur-unsur audio.
4.
Aplikasi pengetahuan teori
- Mengenali peralatan & bahan yang terdiri dari seperangkat peralatan
komputer dan pendukungnya.
- Proses pembuatan film animasi.
5.
Bahan/Material
Pensil,
kertas animasi, pegbar, drawing pen, penghapus, penggaris, peraut.
6.
Fasilitas yang disediakan di area lomba untuk setiap peserta
Instalasi Fasilitas (Software & Peralatan)
disiapkan & diaksanakan oleh Panitia
a.
Meja Animasi / Lightbox (light table)
b.
Personal Komputer dengan spesifikasi:
1.
Hardware
Intel Core i5
RAM minimal 4 GB
VGA Geforce GTX 750
Harddisk minimal 100GB
DVD-RW
Scanner A4
Monitor LCD 17 inch
Mouse & Keyboard Logitech
Headset multimedia (headphone dan microphone)
Pen Tablet A5 atau 8,8”x5,5”
2.
Software
OS
Windows 7
Adobe Premiere CS5
Adobe Photoshop CS5
Adobe Illustrator CS5
Adobe Flash CS5
Adobe After Effect CS5
CTP 1.8 (Cartoon Television Program)
ToonBoom Studio 8.0
Corel X3
Nero Burning Rom
File suara: Ilustrasi musik Jaipong (contoh: Karya dari Gugum Gumbira) Peserta
diharap membawa file suara sendiri dalam bentuk format digital.
Peserta tidak diperkenankan menambah atau memasukan Plug-in untuk semua
perangkat lunak (software).
7.
Peralatan yang harus dibawa peserta
ATK
& peralatan menggambar manual/digital (pen tablet).
8.
Peralatan yang disediakan untuk anggota tim penilai
a. 1
unit komputer + LCD projector
b.
Ballpoint biru dan merah
c.
Buku catatan/block note
d. Format
penilaian
e.
Printer
f.
Kalkulator
9.
Skor dalam test proyek
a.
Penilaian diputuskan oleh tim juri menggunakan format yang disediakan
b.
Penafsiran angka:
Sempurna
: 90 - 100
Sangat
baik : 80 - 89
Baik
: 70 - 79
Agak
baik : 60 - 69
Cukup
: 50 - 59
Sedang
: 40 - 49
Kurang
: 30 - 39
Sangat
kurang : 20 - 29
Jelek
: 10 - 19
Sangat
Jelek : 0 - 9
10.
Waktu efektif
Waktu
pelaksanaan pembuatan film animasi adalah 3 hari, atau maksimal 20 jam,
ditambah
dengan 1 jam pada hari pertama untuk penjelasan teknis dan pengecekan
seluruh
perangkat lomba.
SKENARIO
LOMBA
Mengikuti
agenda panitia pembukaan Lomba Keterampilan Siswa
Hari
Pertama (8 jam pelaksanaan lomba):
240’
Pelaksanaan Lomba
60’
Ishoma
240’
Pelaksanaan Lomba (lanjutan)
Hari
Kedua (8 jam pelaksanaan lomba):
240’
Pelaksanaan Lomba (lanjutan)
60’
Ishoma
240’
Pelaksanaan Lomba (lanjutan)
Hari
Ketiga (4 jam pelaksanaan lomba):
240’
Pelaksanaan Lomba (lanjutan)
Penjurian
dan Pengumuman
180’
Penjurian
‘
Desain
Karakter
ANALISA
KARAKTER
Nama
: DEWI, seorang penari Jaipong asal dari Tasikmalaya
Usia
: 15 tahun
Zodiak
: Gemini (bijaksana, selalu ada pembanding dalam mengambil keputusan,
baik
hati) Penyuka warna Biru dan Kuning
Golongan
Darah: AB (terampil, tekun, dan bijaksana).
Makanan
kesukaan: Asinan Bogor, sambel leunca (sayur khas Sunda), Batagor, dan Combro
-
oncom di jero.
Hobi
: menari Jaipong dan Hip-hop
Sifat
: Melankolis-koleris (sangat fokus pada suatu hal dan penguasa)
Mengagumi
Didik Nini Thowok (penari kreasi asal Yogyakarta)
Referensi
Gerak & Animasi:
Sandrina
penari kreasi dari IMB - Indonesia Mencari Bakat versi Trans TV.
https://www.youtube.com/watch?v=C5L6ccUSFlY
LOMBA
KOMPETENSI SISWA SMK
TINGKAT
NASIONAL XXIII
2015
LEMBAR
SOAL
BIDANG
LOMBA:
ANIMASI
DIREKTORAT
PEMBINAAN SMK
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SINOPSIS
Tasikmalaya,
saat ini sedang HUT RI. Digelar pentas tari Jaipong, di atas panggung DEWI
sedang
pentas
tari Jaipong, ia menari dengan dinamis dan enerjik. Terdengar lantunan musik
tradisional
Sunda membuat suasana semakin meriah. Dewi pun menyelesaikan tariannya
dengan
memberi salam hormat dengan posisi kaki dibuka seperti kuda-kuda.
Durasi:
37 detik (Koreografi tarian 20", Salam hormat 7", Credit title
10")
Resolusi
Video 1280 x 720 25fps
Logo
LKS Nasional 2015
Nama
Peserta
Asal
Propinsi
Asal
Sekolah
Disusun
13 Maret 2015, Serpong